Posts

Proyek ETS - Mobile Front End

Image
Nama : Made Nanda Wija Vahindra NRP : 5025211160 Kelas : PBB - A Proyek ETS: Membuat mobile Front End Mobile Front End MyMoneyNotes Deskripsi  Proyek 4: Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi Judul Proyek:   “MyMoney Notes” Deskripsi:  Buat aplikasi sederhana untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan harian. Fitur Utama: Input jenis transaksi (pemasukan/pengeluaran) Pilih kategori dan nominal Lihat daftar transaksi Tampilan grafik sederhana (opsional menggunakan chart library untuk visualisasi) Preview :      PPT:  Link PPT Video Presentasi:  Link Source Code: GitHub Link Aplikasi: MyMoneyNotes

Login Page

Image
Nama : Made Nanda Wija Vahindra NRP : 5025211160 Kelas : PBB - A Tugas 7: Membuat aplikasi Login Page Dokumentasi Tugas 7 yaitu latihan membuat aplikasi login page Link GitHub Referensi :  https://www.youtube.com/watch?v=-Kj9T1sa6zk Berikut penjelasan mengenai kode untuk halaman login: 1. UI Structure : Column : Menyusun elemen-elemen secara vertikal dengan verticalArrangement = Arrangement.Center agar elemen berada di tengah layar. Image : Menampilkan gambar pada bagian atas layar menggunakan painterResource(id = R.drawable.img) untuk mengakses sumber daya gambar. Text : Menampilkan teks untuk judul dan petunjuk login seperti "Welcome Back", "Login to your account", dan lainnya. 2. Input Fields : OutlinedTextField : Digunakan untuk input email dan password. Setiap OutlinedTextField memiliki label untuk menunjukkan fungsi input tersebut (Email dan Password). 3. Buttons and Text : Button : Tombol untuk login, yang saat ini belum memiliki aksi terka...

Currency Converter

Image
Nama : Made Nanda Wija Vahindra NRP : 5025211160 Kelas : PBB - A Tugas 6: Membuat aplikasi Currency Converter Dokumentasi Tugas 6 yaitu latihan membuat aplikasi currency converter Link GitHub 1. State Management : amount : Menyimpan jumlah uang yang dimasukkan. fromCurrency dan toCurrency : Menyimpan mata uang asal dan tujuan yang dipilih. result : Menyimpan hasil konversi yang ditampilkan di layar. 2. UI Components : OutlinedTextField : Untuk input jumlah uang. CurrencyDropdown : Dropdown untuk memilih mata uang asal dan tujuan. Button : Tombol "Convert" untuk melakukan konversi. Text : Menampilkan hasil konversi. 3. Konversi Mata Uang : Fungsi converter mengonversi uang dari mata uang asal ke tujuan berdasarkan nilai tukar yang disimpan dalam ratesInUSD . Hasil konversi diformat dengan DecimalFormat untuk menambah pemisah ribuan dan desimal. 4. CurrencyDropdown : Menampilkan dropdown untuk memilih mata uang menggunakan ExposedDropdo...

Aplikasi Kalkulator Sederhana

Image
Nama : Made Nanda Wija Vahindra NRP : 5025211160 Kelas : PBB - A Tugas 5: Membuat aplikasi Kalkulator Sederhana Dokumentasi Tugas 5 yaitu latihan membuat aplikasi kalkulator sederhana link Github State Variables : num1 dan num2 menyimpan input angka, sementara result menyimpan hasil operasi. remember dan mutableStateOf digunakan untuk menyimpan dan memperbarui nilai variabel saat terjadi perubahan. UI Layout : TextField : Untuk memasukkan dua angka ( num1 dan num2 ). Button : Setiap tombol (Add, Sub, Multiply, Divide) memiliki aksi perhitungan yang memperbarui nilai result . Operasi Matematika : Setiap tombol melakukan operasi matematika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) dan menyimpan hasilnya ke dalam variabel result . Result Display : Hasil dari operasi ditampilkan menggunakan Text di bawah tombol. Pengecekan Pembagian : Pada tombol "Divide", ada pengecekan untuk mencegah pembagian dengan nol, dan menampilkan pe...

Dice Roller App

Image
Nama : Made Nanda Wija Vahindra NRP : 5025211160 Kelas : PBB - A Tugas 4: Membuat aplikasi Dice Roller Interaktif Dokumentasi Tugas 4 yaitu latihan membuat aplikasi dice roller interaktif dengan komponen button Referensi :  CodeLab 1. Persiapan Proyek Android Studio Buka Android Studio dan buat proyek baru. Pilih template Empty Activity dan gunakan Kotlin sebagai bahasa pemrograman. Beri nama proyek, misalnya DiceRollerApp , lalu klik Finish . 2. Struktur Folder dan Sumber Daya Gambar Tambahkan Gambar Dadu Simpan enam gambar dadu ( dice_1.png , dice_2.png , dst.) di dalam folder res/drawable . gambar dadu dapat didownload pada link ini Tambahkan String Resource Buka res/values/strings.xml dan tambahkan: <string name="roll">Roll</string> 3. Implementasi Kode Kotlin Buka MainActivity.kt dan tambahkan kode berikut: package com.example.diceroller import android.os.Bundle import androidx.activity.ComponentActivity import androidx.activity.compose.setContent impor...

Aplikasi Selamat Ulang Tahun

Image
Nama : Made Nanda Wija Vahindra NRP : 5025211160 Kelas : PBB - A Tugas 3: Membuat aplikasi Selamat Ulang Tahun Dokumentasi Tugas 3 yaitu latihan membuat aplikasi selamat ulang tahun. Dokumentasi Latihan membuat aplikasi Selamat Ulang Tahun Untuk Kode lengkapnya dapat dilihat pada link Github dibawah Github:  https://github.com/NandaVahindra/PBB-A/tree/main/Tugas3/HappyBirthday

Jetpack Compose: Hello Android

Image
Nama : Made Nanda Wija Vahindra NRP : 5025211160 Kelas : PBB - A Tugas 2: Membuat aplikasi Hello Android menggunakan Jetpack Compose Dokumentasikan proyek Basics Codelab menggunakan Jetpack Compose , framework UI deklaratif untuk Android. Aplikasi ini menyajikan daftar Greetings dengan animasi expand serta layar Onboarding yang menyambut pengguna saat pertama kali membuka aplikasi. Aplikasi ini terdiri dari beberapa komponen utama: MainActivity – Titik masuk aplikasi MyApp – Mengelola tampilan utama OnboardingScreen – Layar penyambutan pengguna Greetings – Daftar greeting dengan animasi ekspansi Greeting – Komponen kartu yang menampilkan nama dengan teks animasi CardContent – Konten dalam kartu yang dapat diperluas Preview Functions – Untuk menampilkan tampilan dalam Android Studio 1. MainActivity class MainActivity : ComponentActivity() { override fun onCreate(savedInstanceState: Bundle?) { super.onCreate(savedInstanceState) enableEdgeToEdge() ...